Langkah
1 ( PDCA )
A. MENENTUKAN
PERSOALAN/TEMA
Inventarisasi Masalah
Kumpulkan semua problem/masalah kelompok kerja. Semua
anggota menyampaikannya dengan “Brainstorming” Contoh masalah : - Loss time
- Rejection
- Cost Down
- Delivery
- Kapasita
- Efisiensi dll.
Gunakan check list pertanyaan :
Daftar pertanyaan :
- Apakah ada kesulitan/masalah yang dirasakan
- Apakah ada program peningkatan PQCD
- Apakah akan timbul permasalahan
- Apakah ada masalah pada proses berikutnya akibat hasil kerja anda
- Adakah rencana pencapaian target perusahaan.
B.
Mengelompokkan Masalah
Mengevaluasi Masalah
Pertimbangkan
terhadap faktor-faktor :
- Tingkat kesulitan penanggulangan
- Hubungan dengan target/rencana perusahaan
- Perkirakan waktu/biaya penyelesaian
- Perkirakan hasil yang diharapkan
- Tingkat pemahaman anggota akan masalah
- Tingkat kepentingan/kedaruratan (mendesak/tidak)
D.
Menentukan Tema Circle
Berdasarkan
dengan alasan pemilihan Tema seperti terlihat pada “Pareto Diagram” maka Tema
Circle dapat ditentukan.Misalnya : MENANGGULANGI MASALAH KUALITAS, COST, DELIVERY,
PRODUKTIVITAS, ENVIRONMENT.
E.
Mencari/Menetapkan Judul
Berdasarkan dengan
“Pareto Tema” setelah diuraikan, apabila tersedia data maka dapat ditentukan
“JUDUL” setelah digambarkan dalam Pareto diagram, jika data tidak tersedia lakukan
pengambilan data (periode tertentu) dan perhatikan proses kerja.Gunakan tools
yang sesuai untuk menggambarkan permasalahan yang akan diatasi (misalnya Grafik,
Histogram dll) dan buat alasan pemilihan Judul (PQCD).
Langkah 2 (PDCA)
MENENTUKAN
SEBAB DARI PERSOALAN
Lakukan
“BRAINSTORMING” untuk mengumpulkan penyebab dari Masalah yang dibahas dengan memperhatikan
aliran proses kerja,4M+1E (Man, Methode, Material, Machine dan Environment) dan
Pertanyaan Mengapa (WHY) sebanyak mungkin minimal 3 kali atau sampai keakar penyebab.Untuk
memudahkan dalam pengisian diagram Tulang Ikan, gunakan check list terlebih dahulu,
selanjutnya distratifikasi dan diuji.
Langkah
3 (PDCA)
MEMPELAJARI
FAKTOR-FAKTOR APAKAH YANG PALING BERPENGARUH
Untuk
mengetahui faktor penyebab yang paling berpengaruh dengan cara pembuktian lapangan
yaitu melihat langsung keterkaitan antara penyebab dan akibat yang ada (fakta/nyata).Apabila
tidak tersedia data sebagai dasar untuk menentukan penyebab dominan dari seluruh
penyebab yanga ada, maka cukup digambar atau dipotret dan diberi penjelasan sebagai
bentuk analisa, selanjutnya apabila akan digambarkan dalam Pareto dapat diberikan
Score dengan memperhatikan proses sebagai dasar uraian dalam penetapan score.
Gunakan tools yang sesuai untuk mengetahui korelasi/hubungan
antara penyebab dan akibat begitu pula untuk
mencari penyebab dominan. (Diagram pencar, Pareto dll).
Langkah
4 (PDCA)
MERENCANAKAN
PENANGGULANGAN
Gunakan
5W2H dalam merencanakan penaggulangan
Langkah
5 (PDCA)
Yang
perlu diperhatikan dalam pelaksanaan perbaikan adalah :
- Menerapkan langkah-langkah perbaikan sesuai dengan rencana.
- Uraikan secara jelas dari perbaikan yang dilakukan.
- Sertakan dengan gambar untuk lebih memperjelas dari perbaikan yang dilakukan.
Langkah
6 (PDCA)
MEMERIKSA/EVALUASI
HASIL
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam evaluasi ini adalah :
- Set-Up terhadap Target.(Gunakan grafik balok atau Pareto untuk memperbanding-kan Sebelum, Target dan Hasil).
- Masalah dominan (Langkah 1) dan Penyebab dominan (langkah 3).Gunakan diagram Pareto untuk memperbandingkan sebelum dan sesudah perbaikan.
- Check terhadap Performance/perkembangan sebelum, selama dan sesudah perbaikan dengan menggunakan Grafik garis.
- Dampak terhadap PQCD, sebelum dan sesudah perbaikan.
Langkah 7 (PDCA)
STANDARDISASI
Keberhasilan
yang telah dicapai berdasarkan Evaluasi hasil yang ada dilangkah 6, untuk mempertahankan
hal tersebut perlu dibuatkan Standard Proses
(SOP) yang mengacu pada langkah 5(How) dan Standard Hasil (Langkah 6).Standard dibuat
sejelas mungkin tanpa ada kata atau kalimat yg memberikan persepsi yang berbeda
dan dilengkapi dengan gambar.
Langkah
8 (PDCA)
RENCANA
BERIKUTNYA
Kegiatan
QCC berikutnya merupakan upaya untuk menggulirkan PDCA yang lebih dikenal istilah
KAIZEN (proses perbaikan secara BEKELANJUTAN).
Program
QCC/Perbaikan berikutnya dasar pengambilan datanya dari langkah 1 dan yang lebih
akurat lagi adalah langkah 6. Dan apabila dilangkah 6 masalah sudah tuntas selanjutnya
dilakukan Brainstorming untuk masalah berikutnya. Gunakan tools yang sesuai untuk
menyatakan permasalahan yang paling dominan/prioritas untuk ditanggulangi.
No comments:
Post a Comment